twitter
rss


Industri komputer “blue chip” IBM yang menjadi sesepuh komputer didunia, Selasa kemarin (16/02/2009) mengabarkan bahwa mereka membangun sebuah super komputer dengan 1,6 juta inti prosesor dan kemampuannya sampai 20 Petaflops, hal ini sangat berat untuk mendapatkannya yang melebihi satu petaflop saja. Akan tetapi untuk Eropa, memecahkan rintangan petaflop tersebut belum selesai, akan tetapi segera selesai.
Dikabarkan oleh MaximumPC, perusahaan komputer IBM bekerjasama dengan Forschungszentrum sebuah pusat penelitian di Juelich, Jerman, untuk membangun supercomputer Blue Gene/P System baru untuk Eropa. Hal ini akan mencatatat untuk pertama kalinya supercomputer yang kinerjanya mencapai ukuran petaflop ditempatkan diluar Amrik.
“Melalui kecepatan sebuah Petaflop, sebuah supercomputer yang berbasis di Juelich ini menawarkan kemampuan memproses data setara lebih dari 200.000 laptop” kata seorang Kepala Ilmuwan di pusat penelitian supercomputer ini, Prof. Thomas Lippert, “Dengan maksud untuk memecahkan daya yang besar, sistem komputer ini akan menjadi superkomputer dengan energi terefisien di dunia” tambahnya.
Tidak tangung-tanggung memang, The Blue Gene/P System akan menggunakan prosesor sebanya 294.912, memori sebesar 114 Terrabyte, dan menggunakan media penyimpanan sebesar 6 Petabyte (setara 6 Terrabyte) yang tertata rapi didalam 72 rak server.
IBM juga akan mencoba menggunakan pendingin dengan air dalam super komputer untuk pertama kalinya. IBM mengatakan, sistem pendingin air tersebut akan mereduksi sekitar 91% panas didalam system, disamping itu memang dibutuhkan untuk mendinginkan data center.

0 komentar:

Posting Komentar